Pages

Minggu, 22 Juli 2012

Kekurangan Blogspot untuk SEO dan Solusinya

Halaman utama Blogger.com
Berbicara tentang kelemahan atau kekurangan blogspot apakah seo friendly atau tidak, sebenarnya sudah banyak di bahas di forum-forum maupun di blog-blog sebelah. Tapi sedikit yang membahas bagaimana menutupi kelemahan-kelemahan tersebut agar blogspot menjadi seo friendly.

Pada postingan juragan kali ini, juragan akan membahas bagaimana menutupi kelemahan blogspot tersebut agar menjadi mesin blog yang powerful di SEO agar blog sobat kebanjiran ribuan pengunjung dari google. Dari mata seorang pemula, Juragan menjabarkan beberapa masalah fatal pada mesin blogger serta solusinya :

Blogspot/Blogger tidak memiliki "the real categories"
Pada dasarnya mesin blogspot tidak memiliki kategori yang sesungguhnya. Sebagian besar blogger memanfaat fitur "label" sebagai kategori mereka.

Juragan melakukan analisis pada robots.txt-nya blogspot dan mendapati bahwa setiap alamat url yang mengadung "/search" tidak akan di follow oleh robot google dan mengakibatkan alamat tersebut tidak di index oleh google. Alamat url label blogspot (cth: http://blogjuragan.blogspot.com/search/label/Belajar%20SEO%20Blogspot) juga mengandung "/search". Ini artinya label blogger tidak akan di index google dan sebuah link menuju label blogspot tidak akan dianggab sebagai backlink.

Solusi : Gunakan tag "nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada posting maupun pada sidebar. Ingat ! memberikan backlink menuju sebuah alamat url label pada blogspot adalah hal yang sia-sia.

Template blogspot tidak SEO friendly
Dari mulai masalah title, meta tag, related post dan lain-lain, tidak di sediakan secara default oleh blogger. Untuk itu sobat dapat menambahkan fitur-fitur penting tersebut dengan mengedit kode html blog.

Solusi : Baca cara mengedit Blogspot/blogger template agar seo friendly.

Template blogspot tidak valid xhtml
Sebenarnya ini bisa dikatakan adalah masalah besar pada mesin blogspot, akan tetapi dari pengamatan seorang pemula seperti juragan malah melihat ketidak-valid-an template blogspot ini tidak terlalu mempengaruhi ke-seo-an mesin blogger. Contohnya bisa dilihat beberapa kata kunci di google malah dikuasai oleh blog-blog bermesin blogger. Blog-blog tersebut sangat banyak memiliki error ketika di cek dengan w3c validator, tapi hal itu tidaklah membuat blog-blog tersebut tidak bisa melanglang buana di SERP google. Entah ini hanya mitos atau bukan, memiliki blogspot yang valid html tentu akan mempermudah jalan sobat menuju posisi puncak di google serp.

Solusi : Juragan menyarankan untuk menggunakan template blogspot valid html buatannya om choen(deconstructioncode.blogspot.com). download disini.

Alamat url posting yang terbatas
Coba sobat-sobatnya juragan perhatikan alamat url posting berikut ini, http://blogjuragan.blogspot.com/2010/02/cara-pasang-meta-tag-di-setiap.html , judul artikel tersebut adalah, Cara pasang meta tag di setiap postingan otomatis. coba perhatikan tulisan dengan warna merah dan bandingkan dengan judul postingan. Ternyata, tidak seluruh judul postingan akan menjadi alamat url artikel blog kita. Melainkan akan terpotong hanya sampai 6 kata. Akibatnya, ini berpengaruh terhadapat posisi posting tersebut di serp karena seperti yang selama ini sobat dan juragan ketahui bahwa keywor yang ada pada url akan sangat berpengaruh di google.

Solusi : ketika akan memposting artikel, cobalah memendekkan judul postingan hingga maksimal 6 kata-kata utama saja. Lalu, setelah terpublish langsung edit lagi dan ubah judulnya menjadi judul lengkap sebelum dipendekkan tadi. Contoh : juragan aka mempublish sebuar artikel dengan judul, Cara pasang meta tag di setiap postingan otomatis, maka juragan akan merubah judulnya menjadi : pasang metatag setiap postingan otomatis. Lalu setelah di publish, juragan edit kembali dengan judul semula.

Ref : http://blogjuragan.blogspot.com/2010/04/kekurangan-blogspot-untuk-seo-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar