Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

Penyebab Miss V Bau

Sebagian wanita kerap kali merasa khawatir karena bau yang tidak sedap pada vagina. Pada wanita yang sehat, dalam konsistensi cairan vagina dapat bervariasi, bau dan warna sepanjang siklus menstruasi bulanan.

Sejumlah alasan kondisi medis merupakan penyebab bau vagina yang kuat, tidak biasa atau buruk. Apabila wanita melihat perubahan dalam penampilan atau bau dari cairan vagina sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan, perawatan dan evaluasi lebih lanjut.

Seperti dikutip dari Livestrong, Senin (5/3/2012) bahwa, ada 4 kondisi medis penyebab bau yang tidak sedap pada vagina yaitu:

1. Penyakit Menular Seksual

Beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan bau pada vagina yang luar biasa kuat atau buruk yaitu jenis penyakit menular seksual seperti trikomoniasis.

Dalam waktu seminggu gejala tersebut dapat berkembang setelah terekspos terhadap penyakit menular seksual dan akibatnya dapat memburuk hingga menerima pengobatan.

Gejala lain yang menyertai bau vagina yang tidak biasa disebabkan oleh penyakit menular seksual yaitu gejala mirip flu, iritasi vagina, sekret vagina abnormal, nyeri saat buang air kecil atau lesi kulit vagina.

Wanita yang mempunyai gejala-gejala tersebut dalam hubungannya dengan bau vagina yang buruk harus segera konsultasi ke dokter atau mencari perawatan medis dengan segera.

2. Infeksi Vagina

Pertumbuhan jamur yang berlebih atau bakteri dari yang seharusnya tejadi secara alamiah merupakan penyebab infeksi vagina. Bau vagina yang buruk disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur dan bakteri.

Keputihan terjadi karena infeksi jamur pada vagina yang dapat memancarkan bau yang buruk. Seorang wanita yang mengembangkan vaginosis bakteri dapat mengembangkan keputihan berlimpah yang cukup tebal atau perubahan warna dari cairan vagina, kuat seperti bau ikan.

Setelah menerima pengobatan antibiotik atau antijamur yang sesuai maka gejala bau vagina yang disebabkan oleh infeksi vagina dapat terobati.

3. Kanker Serviks

Penyebab bau vagina yang buruk biasanya disebabkan oleh adanya sel kanker dalam leher rahim. Gejala dari kanker serviks pada wanita yaitu cairan encer dan memancarkan bau busuk.

Dianjurkan untuk mencari perawatan medis dengan segera untuk wanita yang mengembangkan bau vagina yang buruk dan juga mengalami nyeri panggul atau perdarahan vagina yang tidak teratur.

4. Kebersihan vagina kurang

Penyebab bau vagina yang buruk pada wanita bisa disebabkan karena kebersihan yang buruk. Tempat yang biasa untuk pertumbuhan berlebihan dari pathogen yaitu daerah yang hangat dan lembab, seperti vagina.

Cara untuk membatasi gejala buruk bau vagina pada wanita dapat dilakukan dengan membersihkan wilayah luar vagina dengan air atau sabun. Wanita jangan sampai lupa mengambil tampon dari vaginanya karena dapat menyebabkan bau vagina yang buruk.

(sumber)

0 komentar:

Posting Komentar