Pages

Jumat, 20 Juli 2012

14 Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Buah pisang menyimpan kandungan gizi yang cukup banyak. Pisang terdiri dari berbagai macam jenis, seperti pisang ambon, pisang tanduk, pisang nangk, pisang bulu dan berbagai macam pisang lainnya bisa anda jumpai di pasar-pasar tradisional atau di supermarket-supermarket dengan mudah. Selain bisa dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi aneka masakan atau kue. Kandungan gizi pisang sangat bermanfaat untuk berbagai lapisan usia. Apa saja khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh?

Manfaat pisang bagi kesehatan, buah ini sebanding dengan buah yang lainnya. buah yang berkulit kuning, hijau ini sangat ideal untuk kesehatan karena pisang selain rasanya yang manis dan mudah didapat, maka dari itu kebanyakan orang menikmatinya sama hal dengan buah pepaya atau buah srikaya, buah pisang ini menjadi buah sehari-hari.

Selain enak dimakan, buah pisang juga dapat di jadikan bahan kue, kripik, buah yang serbaguna ini biasanya diolah menjadi pisang goreng, jus pisang, atau di kombinasi juga dengan dodol atau jelly.

KHASIAT KANDUNGAN GIZI BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN:

1. Manfaat pisang Mengurangi Depresi

Pisang mengandung tryptophan, sebuah asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin, yang mengarah ke perbaikan suasana hati.

2. Manfaat pisang mencegah Anemia

Pisang relatif tinggi zat besi, yang membantu fungsi hemoglobin tubuh.

3. Manfaat pisang Sembelit dan Diare

Karena konten mereka dalam serat, mereka membantu memulihkan fungsi usus normal. Selain itu, diare biasanya menguras tubuh Anda dari elektrolit penting (yang paling penting adalah potasium, yang terkandung dalam jumlah yang tinggi dalam pisang). Mereka juga mengandung pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

4. Manfaat pisang untuk Perlindungan Penglihatan

Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Ophthalmology telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi minimal 3 porsi buah per hari memiliki risiko berkurang (sebesar 36%) mengembangkan usia degenerasi makula terkait (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi buah setiap hari.

5. Manfaat pisang agar Tulang Sehat

Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.

Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien.

6. Manfaat pisang agar Sehat Ginjal

Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

7. Manfaat pisang untuk Tekanan darah

Pisang sangat tinggi kalium (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

8. Manfaat pisang mengurangi Morning Sickness

Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga tingkat gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

9. Manfaat pisang Membantu Berhenti Merokok

Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium: zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

10. Manfaat pisang menghindari Ulkus

Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.

11. Manfaat pisang untuk Saraf

Pisang mengandung vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi saraf

12. Manfaat pisang mengobati Gigitan Nyamuk

Banyak orang melaporkan bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigitan nyamuk sangat efektif dalam mengurangi gatal dan pembengkakan.

13. Manfaat pisang Meredakan Stress.

Pisang tinggi kalium, yang membantu menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan air tubuh. Selama periode stres yang tinggi, kadar potasium tubuh kita cenderung cepat habis: pisang makan adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkan mereka tanpa menggunakan obat.

14. Manfaat pisang Menurunkan Risiko Stroke

Menurut sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, makan pete sebagai bagian dari diet teratur dapat mengurangi risiko kematian karena stroke sebanyak 40% . Manfaat buah pisang, Tak ada salahnya juga teman-teman membaca manfaat buah yang lainnya seperti apel, wortel, tomat atau manfaat minya kelapa , bawang putih, dan kayu manis. semoga dengan ini tman teman bisa mengetahui apa sih manfaat buah bagi kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar