Pages

Jumat, 20 Juli 2012

Tips Mengelola Keuangan Usaha

Tips Mengelola Keuangan Usaha

uang usaha headline

Banyak teori tentang cara mengatur keuangan usaha, tapi berikut adalah tips mengelola keuangan usaha dari Suryani Aris / Ulie (Dunia Bermain), salah satu Perempuan Inspiratif NOVA 2010:

• PRINSIP UTAMA : PISAHKAN KEUANGAN PRIBADI DENGAN USAHA, gunakan dompet yang berbeda atau rekening bank yang berbeda. Jangan memakai uang usaha untuk kebutuhan pribadi, dan jika di tengah jalan memerlukan tambahan modal dari dana pribadi maka dianggap sebagai pinjaman yang harus dikembalikan.

• LALU TIMBUL PERTANYAAN: TERUS SAYA DAPAT APA? Tentu saja, bayarlah diri anda jika usaha sudah mulai menguntungkan. Membayar diri sendiri secara periodik (per bulan/per 3 bulan) bisa dengan gaji bernominal tetap atau dalam persentase keuntungan bersih

• PEMBUKUAN KEUANGAN ADALAH SEBUAH KEHARUSAN, jika baru memulai gunakan tool yang sederhana di komputer misalnya MS Excel atau software sejenisnya. Buat ringkasan laporan keuangan tiap bulan yang ditujukan kepada diri sendiri dan pemilik modal. Isinya semisal pemasukan, pengeluaran, pembelian, penjualan, gross profit, net profit, dan lain-lain.

• Jika baru memulai usaha, hitung kebutuhan dana awal lalu buat proyeksi arus kas (pengeluaran dan pemasukan) untuk memastikan modal yang dimiliki cukup untuk menjalankan usaha setahun ke depan bahkan bisa memperkirakan berapa lama modal bisa kembali. Ada banyak contoh perhitungan yang bisa dipakai, Anda bisa mencarinya di toko buku atau internet.

Ref : http://klubnova.tabloidnova.com/KlubNova/Artikel/Aneka-Tips/Tips-Keuangan/Tips-Mengelola-Keuangan-Usaha

0 komentar:

Posting Komentar