Pages

Jumat, 20 Juli 2012

Tanaman Obat Untuk Atasi Sembelit


Pernah mengalami sembelit? Pastinya rasanya tidak nyaman dan perut terasa melilit. Sembelit sendiri jika dibiarkan berlarut bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi seperti kanker usus.

Sembelit umumnya dipicu karena kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi, depresi dan juga aktivitas yang padat sehingga memicu stress. Gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur juga penyebab sembelit. Makanan yang kurang serat sehingga menyebabkan feses menjadi keras serta susah buang air besar.

Untuk mengatasi sembelit, berikut ada beberapa ramuan tradisional dari tanaman obat yang bisa Anda gunakan:


* Lidah Buaya
Bahan:
- Lidah buaya 100 gram
- Madu 1 sdm
Cara membuatnya: Cuci Bersih dan iris kecil lidah buaya. Kemudian direbus dengan 200ml air sampai mendidih. Tambahkan madu. Minum selagi hangat dan lidah buaya bisa dimakan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

* Temulawak
Bahan:
- Bubuk temulawak 10 gram
Cara membuatnya: Seduh bubuk temulawak dengan 200 ml air hangat dan minum secara teratu 2 kali sehari.

* Pepaya
Bahan:
- Pepaya 150 gram
Cara membuatnya: Cukup dimakan sebanyak 150 gram secara teratur 2 kali sehari.

* Bayam
Bahan:
- Bayam 1 ikat
- Madu
Cara membuatnya: Cuci Bersih Bayam dan bersihkan bagian akarnya, kemudian di blender atau giling hingga halus. Tambahkan Madu dan 150ml air. Saring dan peras. Kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 150ml sekali minum.

* Nanas
Bahan:
- Nanas 200 gram
- Pepaya 300 gram
Cara membuatnya: Cuci Bersih papaya dan nanas, kemudian di blender hingga halus dan masukkan 200 ml air. Minum setiap hari.

Semoga bermanfaat. (Berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar