Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Pemasaran Online Bagi Para Pelaku UKM


pemasaran internet 200x200 Tips Pemasaran Online Bagi Para Pelaku UKMMemanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk maupun jasa, menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku UKM untuk memperluas peluang pasar yang dimilikinya. Saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang berhasil mengekspor produk unggulan yang diciptakannya berkat bantuan jaringan internet. Hal ini menjadi bukti nyata bagi kita bahwa internet memberikan peranan yang cukup besar bagi kemajuan UKM di Indonesia.
Untuk membantu para pelaku UKM menjangkau peluang pasar yang lebih luas, berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran online bagi para pelaku UKM.

1. Manfaatkan peranan multimedia
Dalam pemasaran online, dukungan multimedia sangatlah penting untuk menciptakan media promosi yang menarik perhatian konsumen. Anda bisa memanfaatkan media berupa foto dan video untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui dunia maya. Selain itu, keberadaan foto dan video juga bisa menjadi salah satu media pendukung bagi konten-konten artikel yang dipublikasikan di situs online milik Anda. Jadi selain memberikan daya tarik tersendiri bagi website Anda, foto dan video menjadi sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Manfaatkan iklan online, baik yang gratisan maupun berbayariklan online 200x149 Tips Pemasaran Online Bagi Para Pelaku UKM
Saat ini sudah banyak situs iklan online yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan berbagai macam produk maupun jasa secara gratisan maupun berbayar. Mulai dari memasang iklan baris, iklan baner, atau bergabung dengan komunitas/ forum bisnis yang menyediakan lapak khusus bagi para pelaku UKM untuk mengeksplor produk unggulan yang dimilikinya. Dengan memperluas iklan online yang Anda pasang, maka secara tidak langsung Anda telah menciptakan peluang-peluang baru untuk mendatangkan transaksi penjualan sebanyak-banyaknya.

3. Manfaatkan situs jejaring sosial
Disamping memanfaatkan situs iklan online, Anda juga bisa memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai media promosi yang cukup efektif. Sekarang ini situs jejaring sosial yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai lapak online yaitu facebook dan twitter. Melalui situs jejaring sosial tersebut, Anda bisa mempublikasikan produk atau jasa yang ditawarkan serta menjalin komunikasi langsung dengan calon konsumen yang tertarik dengan penawaran produk Anda. Strategi ini sering diambil pelaku UKM, karena selain gratisan dan caranya yang terbilang mudah, jejaring sosial juga banyak digunakan masyarakat luas di berbagai daerah. Sehingga peluang Anda untuk mendatangkan konsumen semakin terbuka lebar.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada di internet, diharapkan para pelaku UKM bisa mengoptimalkan strategi pemasaran yang dijalankannya dan menghasilkan omset penjualan yang sebesar-besarnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Ref : http://bisnisukm.com/tips-pemasaran-online-bagi-para-pelaku-ukm.html

0 komentar:

Posting Komentar