Pages

Rabu, 02 Januari 2013

Rasakan Dentuman Audio Berkelas dengan Samsung DA-E760

detail berita

Mendapatkan kepuasan hiburan dalam penggunaan gadget, tak cukup hanya dengan speaker built-in yang telah tertanam di smartphone maupun tablet. Kualitas audio, menjadi salah satu poin penting yang mendorong nilai jual suatu produk elektronik.

Samsung, produsen perangkat elektronik berupaya menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan audio berkualitas tinggi tersebut. Perusahaan asal Korea Selatan dengan menawarkan perangkat audio nirkabel dengan fitur docking, DA-E760.

Perangkat berbentuk balok ini hadir dengan tampilan warna kayu merah gelap. Terlihat agak klasik, namun speaker nirkabel dengan berat 8,6 kilogram ini memiliki fitur canggih yang menjadikan kualitas suara di lini produk Samsung Galaxy (Android) semakin menggelegar.

Okezone kebetulan sempat mencicipi kualitas suara Samsung wireless audio DA-E760 ini dan menemukan keunggulan-keunggulan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda ketika hendak membeli produk tersebut. DA-E760 yang memiliki ukuran dimensi 450 (panjang) x 148 (tinggi) x 240 (lebar) mm ini dirancang dengan vacuum tube amplifier.

Vacuum tube amplifier mampu memberikan kejernihan dan ketajaman audio yang dikeluarkan speaker.  Vacuum tube amplifier yang telah ter-built-in ini merupakan bagian utama yang meningkatkan amplitudo dari sebuah sinyal. Sehingga, hasil suara yang dikeluarkan semakin baik serta lebih kaya.

DA-E760 memiliki dua buah speaker utama yang terletak di bagian depan dan Subwoofer built-in. Perangkat speaker tanpa kabel ini kompatibel dengan seluruh produk Samsung Galaxy, termasuk Galaxy SII, Galaxy SIII, Galaxy Note, hingga Galaxy Tab (ukuran layar 7.0+, 7.7, 8.9, dan 10.1). Produk Samsung Galaxy tersebut dapat ditancapkan (microUSB dan 30-pin) di bagian belakang perangkat untuk melakukan pengisian daya baterai.

Terdapat juga aplikasi Samsung Wireless Audio Dock yang bisa Anda unduh dari Google Play dengan ukuran file sebesar 11,57MB. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk memutar musik, menyambung (auto pairing) melalui Bluetooth, memeriksa tingkat baterai, jam, laporan cuaca serta temperatur. Selain itu, aplikasi juga dapat melanjutkan musik yang sebelumnya terputus karena ada panggilan telefon yang masuk.

Di bagian atas, selain terdapat tabung vacuum amplifier, terdapat juga empat tombol konfigurasi. Tombol ini antara lain tombol putar atau pause (jeda) yang merangkap fungsi untuk mematikan maupun menghidupkan perangkat (ditahan selama 3 detik on/off). Tombol “+ atau -” untuk menaikkan atau menurunkan volume suara, serta tombol “F” untuk menggeser mode, misalnya konektivitas speaker melalui Bluetooth 3.0, kabel Aux-in, USB, serta Dock Galaxy.

Bila konektivitas Bluetooth hanya dapat menjangkau radius sekira 10-15 meter antar perangkat dan mengharuskan Anda menempatkan perangkat di bagian Dock (mode pengisian daya baterai), Samsung DA-E760 ini dilengkapi dengan fitur WiFi built-in. Sehingga, perangkat Anda dapat terkoneksi dengan speaker nirkabel ini dalam satu ruangan secara bebas dan lebih leluasa.  DA-E760 juga mendukung fitur AllShare Play, yang memungkinkan Anda untuk berbagi konten dan musik melalui kendali dari perangkat Samsung Galaxy secara nirkabel.

Fitur konektivitas tidak berhenti sampai disitu, selain mendukung colokan USB (format musik MP3, WAV, WMA) dan Aux-in (jack 3.5mm) yang terletak di bagian belakang perangkat, DA-E760 juga mendukung port Local Area Network (LAN). Sehingga, DA-E760 bisa dilibatkan dalam router jaringan komputer. 

Kualitas suara speaker nirkabel ini bisa dinilai dengan cepat. Sebab, Anda hanya tinggal memasang telinga dengan seksama dan memperhatikan dentuman bass serta treble yang selaras. DA-E760 dengan daya 49,3 Watt bukanlah sebagaimana speaker pada umumnya yang memiliki fitur equalizermanual dengan susunan tombol-tombol putar untuk mengatur suara. DA-E760 hanya memiliki satu tombol untuk mengoptimalkan suara Bass sesuai selera Anda, yang letaknya ada di remote control.

Mau tidak mau, pengaturan equalizer hanya dapat diakses melalui perangkat gadget Anda. Tidak harus seri Samsung Galaxy, tetapi perangkat apapun yang memiliki konektivitas Bluetooth (setelah proses pairing), termasuk BlackBerry pun dapat mencicipi kejernihan suara DA-E760. Speaker DA-E760 juga mumpuni ketika tingkat volume suara diatur ke posisi maksimal. Pada posisi pengaturan volume suara tinggi tersebut, audio yang dikeluarkan tetap jernih.

Melihat lengkapnya fitur konektivitas serta kualitas suara pada Samsung DA-E760, rasanya tidak mengherankan bila perangkat speaker inovatif ini dibanderol seharga Rp7 jutaan. Salah satu poin estetika yang membuatnya kian menawan pada tampilan fisiknya ialah, material kayu metalik yang membungkus perangkat secara keseluruhan.

Bila kemantapan suara yang dikeluarkan DA-E760 ingin Anda nikmati sendiri, Anda bisa posisikan perangkat ini menghadap ke arah Anda. Sehingga, suara yang terkumpul bisa langsung diserap oleh telinga pendengarnya. Sebab, bila perangkat membelakangi atau berada di samping, detail suara yang dilepaskan tidak bisa dinikmati secara maksimal.

Secara keseluruhan, speaker nirkabel dari Samsung ini bisa dikatakan sebagai perangkat audio premium dengan fitur konektivitas terlengkap dan menyuguhkan kualitas suara paling yahud untuk kelas speaker nirkabel dengan fitur dock. Gelegar suara powerfull yang dihasilkan senada dengan banderol yang harus Anda gelontorkan untuk membawa pulang DA-E760 ke rumah Anda.

Spesifikasi Speaker Nirkabel Samsung DA-E760
Speaker    :  20W x 2 Main dan Woofer Built-in
Dimensi Produk    : 450 x 148 x 240 mm
Berat Bersih    : 8,6 kilogram
Fitur Khusus    : Crystal Amplifier Plus dan Vacuum Tube Amp
Daya        : 0.4Watts, 49.3Watts, Free Voltage
Fitur Audio     : Power Bass
Format         : MP3, WMA, APTX Decoding Format
Fitur Umum    : 2.1 Channel, Total 100W
Konektivitas    : AllShare Play, USB Host 2.0, Micro-USB, Bluetooth, 1ea of Number of Audio Input, Built-in Wireless LAN
Aksesoris    : Remote Controller, Analog Audio Cable, User Manual, Power Cable
Docking     : Galaxy S2, Galaxy Note, Galaxy Player, Galaxy Tab
Harga        : Rp6.950.000,- 

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar